Rabu, 18 Februari 2015

Service tv samsung flat 21 inci CB-21M17ML

Service tv samsung flat 21

Kerusakan : vertical


Kali ini saya mendapatkan servisan tv samsung  flat 21 inci CB-21M17ML, dengan kerusakan vertikal yaitu gambar ada tapi terpotong pada bagian atas dan bawahnya sekitar  10cm.
Ditemani secangkir kopi ,perburuan komponen penyebab kerusakan vertikal dimulai. Pertama-tama saya akan mengecek tegangan pada ic vertikal, ooo  ya  tv ini mengunakan IC LA 78040. Ic jenis ini banyak beredar di toko-toko spare-part elektronika, tentunya tidaklah sulit untuk mendapatkannya. Pada tv samsung ini IC LA 78040 mendapatkan tegangan catu daya dari flayback berkisar -14,5 V sampai -16,5 V pada kaki 4 dan 14,5 V sampai 16,5 V pada kaki  2 . Hasil pengukuran menunjukan tegangan normal. Klo begini IC 78040nya kuganti aja. Setelah kuganti hasilnya tetap nihil. Kemudian elco elco bagian vertikal  kubabat habis ganti dengan yang baru  hasilnya tetap nihil juga . Sejurus  kemudian aku melihat elco pada bagian ic videonya dalam keadaan kembung.
Setelah kuganti elco 330uF/ 16V tersebut ternyata hasilnya masih nihil . alias ngak berubah sedikitpun. Wah puyeng nie jadinya. Sementara istirahat dulu sambil ngemil. Satu jam kemudian kembali lagi ke medan tempur, ohh iya resistor bagian vertikalll nya blom dicek nie. Semua resistor  vertikal yang dicek ,ngak ada yang rusak  . Akhirnya opsi yang kedua telepon kang ray sunada. Akhirnya dikasi solusi , coba pakai jurus service menu tv samsung .Dari keadaan tv standbay tekan secara berurutan pada remote (INFO) (MENU) (MUTE) (POWER ON), klo udah benar tampilanya jadi seperti gambar di bawah ini  
Untuk mengatur tampilan depleksi vertikal  pilih opsi deflection  maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :
 Disini terlihat bahwa V Amp nilainya 0 , Kemudian saya naikan V Amp nya sampai layar tvnya menjadi penuh atas dan bawahnya. Disini nilai V Amp nya adalah 80. Seperti gambar yang ditunjukkan di bawah ini :

Setelah selesai pengaturanya kita bisa keluar dan menyimpan setingannya dengan menekan tombol power pada remote. Tv akan stand by dan kemudian kita nyalakan lagi hasilnya tv akan telihat normal kembali. Nah untuk teman teman  semua , mudah mudahan ini bisa membantu.  Mungkin kasus yang dihadapi  teman teman bisa saja sama tapi penyelesaianya bisa berbeda beda. Bila ada kekurangan tolong dikoreksi  Terima kasih telah berkunjung.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com