Kamis, 19 Februari 2015

Service Hot air / Solder Uap Gordak 850

Service Hot air / Solder Uap Gordak 850

Kerusakan : udara keluar tapi tidak  panas

       Tumben  hari ini solder uapku mogok kerja ,hehehe cuman angin aja yang keluar panasnya mana nie.Setelah kubongkar ini dia penampakannya:

                                                                Tampak depan

Bagian dalamnya

        Karena angin / pengatur udaranya masih berfungsi , Saya akan memperbaiki bagian pemanasnya saja.mulai dari heaternya saya cek masih bagus. Kemudian dari heater menuju ke bagian dalam mesin yang dihubungkan oleh  dua kabel serabut setelah dicek ternyata putus . Oh ini to biyang keroknya , kabel penghubung antara heater dan mesin bagian dalamnya putus. putusnya ngak kelihatan  karena terbungkus didalam slang hitam yang sekaligus sebagai jalan aliran udara/ angin. 
Setelah diganti akhirnya panasnya pun keluar,, tapi tunggu dulu panasnya ini ngak bisa diatur , apanya lagi yang rusak yaaaa. Biasanya  klo normal lampu disamping  tulisan heater  itu akan kelap kelip bila pengaturan panas dinaikan. Tapi lampu ini tidak nyala  sama sekali. Kemudian kubongkar mesin utamanya, heater ini terhubung langsung dengan sebuah triac dengan no : BTA08-600C . Dengan mengganti triac tersebut akhirnya solder uapku normal kembali.

Gambar triac BTA08-600C

Gambar mesin bagian dalam.


38 komentar:

  1. Gang, klau setelan udaranya ngk normal gmna solusinya

    BalasHapus
  2. Gang, klau setelan udaranya ngk normal gmna solusinya

    BalasHapus
  3. Bang,saya ada blower merk gordak 850, karna rusak elemenya saya ganti dgn gagang baru tpi yg 5 kabel,sedangkan yg aslinya gordak cuma 3 kabel, sdh sya coba pasang hanya 3 kabel saja jadi sisa 2 kabel tpi tdk bisa keluar angin dan panasnya, itu kira2 gmn,apa pengaruh yg 2 kabel tdk saya pasang,mau saya pasang tdk tau ,tlg tipsnya...tks.

    BalasHapus
  4. biasanya 2 kabel ac 220 di groundkan di element sehingga menghasilkan panas, 2 kabel lagi dipake untuk mensensor panas yg dihasilkan elemen, biasanya sensor dihubugkan ke IC atmega dan informasi temperaturnya di hubugkan ke 7-segment. 1 kabel yg lain dipake untuk grounding biar stang blower klu tersentuh tidak kesetrup. semoga membantu

    mampir ke blog saya ya : www.teknisi-laptop-sidoarjo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayapun mau tanya ini bang firman masalah saya kelihatan sama tapi saya pakai blower quick 990 smd rework station,wayar ground sudah saya pasang tapi ada 4 wayar lagi yg saya tidak mengerti pasangnya kerena ada 3 wayar untuk element

      Hapus
  5. klw panasnya gk stabil itu apanya gan? prtama sya tekan power, panas ada skitar 10 menit panas hilang, sya coba matiin lagi skitar 5 menit lalu di idupin lagi panas kluar lgi tpi stelah 10 menit hilang lgi solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udh pernah seperti kasus ini terus saya ganti potensionya aja om ganti aja semua karna potensio udh gk normal

      Hapus
  6. Ada yg jual pcb kit buat bikin solder uap gak....?biar buat belajar dan muarah bikin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini oom.. https://www.youtube.com/watch?v=PSC3ASeTU8o

      tapi ane mau akalin dengan HANDLE ELEMEN SOLDER UAP GORDAK 850A 3 KABEL ANALOG, ada yang tahu susunan kabelnya bagaimana?

      Hapus
    2. ini juga ada oom http://e1ectro.blogspot.co.id/2017/02/diy-desoldering-station-for-25.html

      Hapus
  7. pagi gan, sya punya blower rusak quick 850A cuma nyala lampu saklarnya aja angin sama panas ga ada, sya bongkar ada komponen yg ilang di pcb nya ada kode 7815 kakinya tiga

    BalasHapus
  8. 7815 penyebab semua itu gan?

    BalasHapus
  9. om nanya dong kalo angin gak kluar setabil apanya ya 850 analok. mohon info

    BalasHapus
  10. om nanya dong kalo angin gak kluar setabil apanya ya 850 analok. mohon info

    BalasHapus
  11. Om tanya lampu udara nyala dan muncul getaran tapi anginya gk keluar apanya yg bermasalah...

    BalasHapus
  12. Mf bos kebetulan mau nanya ni skalian blower sy jg rusak Merek DAYU 852D.awal nya elemen nya mati pas sy ganti dengan elmen yg sama pakai 4 kabel pas sy nyalakan eh panasnya lgsg tinggi trs sampe bodi elemen ikut panas bahkan sampe merakbak bos..tlg kira2 dr faktor apa yg ga bnr mksh bos

    BalasHapus
  13. Saya ada blower mwrek quick857.gagangnya rusak(pemanasnya)lalu saya belikan gagang baru,tapi kabelnya cuma 5 kabel warna kuning hitam merah dan 2putih.padahal aslinya blower quick857 terdapat 6kabel.warna hijau,biru putih coklat orenge dan kuning.nah disini saya bingung bagaimana cara nyambungnya..min plusnya yg mana dan pengatur panasnya yg mana.mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  14. om klo solder quick 850a,angin dan lampunya mati,panasnya c normal,kira2 apany y? mohon pencerahanny terimakasih

    BalasHapus
  15. saya sudah 2X ganti elemen selalu putus hanya hitungan 2-3 detik saja kenapa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kya punyaku knp ya?, blom ad jawaban nih

      Hapus
    2. Biasanya blowernya gk fungsi om alias gk ada angin jd lsg putus

      Hapus
    3. Ganti aja Triak. Yg kaki 3 itu dan kl mo bagus lg yg kaki 4 (LM358)

      Hapus
  16. blower quick 850 punya ane ga keluar anginnya kalo panas nya ada. yang rusak apanya tuh bos? mohon solusinya. terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Bantu jwab: Kompresor g bekerja. Bisa krna sirkuit stelan kompresor ada part yg rusak atw krna kompresor itu sendiri spullnya ada yg ptus.

      Hapus
    2. Bantu jwb coba ganti potensonya aja dulu yg mudah

      Hapus
    3. Dimernya ganti aja, atau kl perlu skalian Triak yg ke potensio

      Hapus
  17. Bang mau tanya blower saya yihua 858d di gagang nya panas memerah udah ganti element tetap memerah kikira apa nya tolong informasi nya bisa di wa 085924000003

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, bantu jwab : itu stelan di bagian heaternya g fungsi, jadi langsung full. Bisa jg krna angin terlalu kecil...

      Hapus
    2. Bantu jwb lsg aja ganti potensionya itu sering bermasalah

      Hapus
    3. Sprti yg saya alami...udh ganti potensio heater tp msih tetep bgtu langsung nyala merah...

      Hapus
    4. Ganti triak aja, dan LM.nya yg kaki 8 itu

      Hapus
  18. Gan blower gordak punya saya klo d matiin lewat stopkontak malah nyala kenceng angin nya jadi intinya blower saya ga bisa d matiin kira kira yg rusak apa nya yah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanya klo di matiin malah mati ini ko malah nyala jd gagal faham

      Hapus
    2. Gan punya saya 850a pas di on saklar panas nya langsung naik. Mohon solusi nya gan

      Hapus
  19. Gan punya saya 850a pas di on saklar panas nya langsung naik. Mohon solusinya gan

    BalasHapus
  20. Ic triac nya beli dmn ? Sy nyari ke toko elektro langganan blom ad..

    BalasHapus
  21. kalo panasnya gak bisa maksimal gimana ya solusinya ? makasih

    BalasHapus
  22. Ada skemanya ta gan,klo ada minta dunk

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com